Erosi



Erosi merupakan proses terangkutnya massa tanah dari satu tempat ke tempat lain yang biasanya lebih rendah. Erosi dari perspektif pertanian dihubungkan dengan dua kerugian utama yaitu :
  1. Erosi menyebabkan hilangnya lapisan tanah permukaan beserta aspek kesuburan tanah, dan
  2. Erosi menyebabkan penutupan lapisan tanah subur di lahan bawah oleh sedimen yang berasal dari lahan atas.
Padahal dari segi ekologi, proses erosi merupakan proses kerusakan ekosistem yang dimulai dari proses penurunan kerusakan lahan serta turunnya fungsi tanah sebagai lumbung air (water reservoir).

Atas dasar keeratan hubungan antara tanah dan air, maka setiap proses  kerusakan tanah dan degradasi sistem lahan dapat mengubah pola tata air di tempat tersebut. Pada tingkat kerusakan yang sangat parah, perubahan pola tata air (distorsi siklus air) ini menyebabkan terjadinya perubahan imbangan laju air limpasan dan infiltrasi air ke dalam tubuh tanah. Banjir dan kekeringan pada dasarnya merupakan hasil dari adanya distorsi siklus air.
Erosi dipercepat (accelerated erosion) merupakan bagian dari proses kerusakan tanah yang secara fungsional melibatkan iklim, topografi, vegetasi, tanah dan sifat-sifatnya serta aktivitas manusia. Di samping iklim, kontur dan kecuraman lereng merupakan aspek topografi yang  tidak dapat diubah manusia. Kemiringan lahan (slope) menyebabkan timbulnya istilah hulu (bagian permukaan tanah yang cenderung ditinggalkan air) dan hilir (bagian permukaan tanah sebagai tempat berkumpulnya air/pengendapan). Atau dalam sistem lahan dibedakan menjadi lahan atas (upland) dan lahan bawah (lowland).
Atas dasar pemahaman di atas, dari sudut kebencanaan, erosi bukan lagi dipandang sebagai suatu proses yang terjadi secara setempat, tetapi erosi harus dipandang sebagai suatu proses degradasi kualitas ekosistem mulai dari hulu ke hilir. Dengan demikian erosi dihubungkan dengan permasalahan-permasalahan yang lebih mendasar tentang kerusakan sumberdaya alam dan munculnya ancaman terhadap aspek-aspek kehidupan




0 comments:

Post a Comment

Erosi