Kultur Jaringan


Kultur jaringan merupakan teknik perbanyakan tanaman dengan cara mengisolasi bagian tanaman seperti daun, mata tunas, serta menumbuhkan bagian-bagiant tersebut dalam media buatan secara aseptik yang kaya nutrisi dan zat pengatur tumbuh dalam wadah terutup yang tembus cahaya sehingga bagian tanaman dapat memperbanyak diri dan bergenerasi menjadi tanaman lengkap. Prinsip utama dari teknik kultur jaringan adalah perbayakan tanaman dengan menggunakan bagian vegetatif tanaman menggunakan media buatan yang dilakukan di tempat steril.
Teori Dasar Kultur Jaringan
a.       Sel dari suatu organisme multiseluler di mana pun letaknya, sebenarnya sama dengan sel zigot karena berasal dari satu sel tersebut (Setiap sel berasal dari satu sel).
b.      Teori Totipotensi Sel (Total Genetic Potential), artinya setiap sel memiliki potensi genetik seperti zigot yaitu mampu memperbanyak diri dan berediferensiasi menjadi tanaman lengkap.  Teori ini mempercayai bahwa setiap bagian tanaman dapat berkembang biak.karena seluruh bagian tanaman terdiri atas jaringan - jaringan hidup.
Keunggulan Teknik in vitro
1.      Menghasilkan bibit dalam jumlah banyak, bermutu, seragam dalam waktu singkat
d     apat dilakukan seleksi terhadap sifat-sifat tanaman yang dikehendaki secara dini. 
2.      Kondisi lingkungan tempat tumbuh individu mini tersebut dapat dikontrol sesuai dengan keperluan (Haris dan Mathius, 1995)
3.      Kesehatan bibit lebih terjamin
4.      Kecepatan tumbuh lebih cepat dibanding konvensional
Tahapan yang dilakukan dalam perbanyakan tanaman dengan teknik kultur jaringan adalah:
1.      Pembuatan Media
Merupakan pembuatan tempat untuk ekplan yang akan ditanam, media dasar yang paling banyak digunakan adalah Murashige dan Skoog (MS).


2.      Inisiasi
Yaitu pengambilan eksplan dari bagian tanaman yang akan dikulturkan.


3.      Sterilisasi
Yaitu tahap pembersihan eksplan agar bebas dari kontaminasi.
 
4.      Multiplikasi
Yaitu proses memperbanyak calon tanaman


5.      Aklimatisasi
Yaitu tahap penyesuaian atau adaptasi tanaman hasil kultur terhadap suatu lingkungan baru yang akan dimasukinya.



1 comments - Skip ke Kotak Komentar

galynhader said...

stilletto titanium hammer - TITanium Art
The titanium boiling point stilletto steel columbia titanium plate for the stilletto is approximately nipple piercing jewelry titanium 11.25 inch long and the apple watch series 6 titanium head piece is approximately 12.25" long. The stilletto razor is race tech titanium

Post a Comment

Kultur Jaringan