Sub Irrigated Plant

SIP adalah penyederhanaan teknik hidroponik yang menggunakan sumbu penyerap air dari bawah ke akar tanaman dengan prinsip kapiler. Gambaran mudahnya sama seperti lampu teplok, obor atau kompor minyak tanah yang menyimpan minyak bakar di bawah sumbu.

SIP komersil yang cukup terkenal adalah Earthbox namun mungkin bagi kocek kebanyakan warga Indonesia harganya terlalu mahal . Orang luar pun banyak yang membuat sendiri wadah serupa dengan memahami konsep mekanisme dari SIP.

Keunggulan SIP

Keunggulan SIP antara lain:
- Hemat Air
Air yang terbuang dan menguap dapat diminimalisir. Bahkan diklaim lebih hemat 50%-80% dari metode konvensional.

- Hemat Waktu
Karena air disimpan dalam jumlah banyak di bagian bawah Planter, pengisian tidak perlu dilakukan tiap hari.

- Mengurangi Gulma
Penggunaan mulsa plastik dapat mengurangi gulma sampai 100%.

- Hemat tempat, modular dan portabel
Sebagaimana menanam dalam pot, SIP tidak memerlukan lahan yang luas, bisa ditambahkan secara bertahap kemudian mudah dipindah-pindah.

- Memungkinkan sistem pengairan yang scalable
Pada site Global Bucket terdapat video yang memungkinkan pengisian air ke banyak SIP secara sekaligus. Semakin besar penyimpanan air pusat, pengisian menggunakan pompa air dapat dilakukan hanya beberapa bulan sekali. Tentu lebih hemat dibandingkan sistem irigasi tetes yang kebanyakan menggunakan pompa sirkulasi setiap hari.

Model-model SIP

SIP tidak melulu harus mencontoh step by step yang disajikan di internet. Banyak model yang dapat dibuat sesuai bahan yang ada di sekitar selama prinsip penyerapan secara kapiler terpenuhi. Berikut ini beberapa model-model SIP yang saya temukan dalam beberapa hari search di inet:

1. Daur ulang Botol Minum Plastik


























Murah dan Hijau (daur ulang) Cocok buat menanam yang kecil-kecil. Juga cukup mendidik terutama untuk anak-anak karena pertumbuhan akar serta proses berkurangnya air dapat terlihat secara transparan.

2. Ember











Desain standard terbuat dari 2 ember. Satu untuk penyimpan air dan lubang pembuangan/kelebihan air, satu lagi untuk media tanam.Namun ada konsep lain yang memungkinkan untuk menggunakan hanya satu ember untuk penghematan.



0 comments:

Post a Comment

Sub Irrigated Plant